✔ 12 Langkah – Langkah Pembuatan Lkpd Pada Pembelajaran K13
Jika anda berprofesi sebagai seorang guru tentunya anda pernah mendengar ihwal LKPD atau yang sering di sebut dengan lembar kerja akseptor didik. LKPD merupakan salah satu media yang sangat penting dalam pembelajaran kurikulum 2013.
Pada kurikulum 2013 ada banyak media pembelajaran yang sanggup di manfaatkan oleh seorang guru dalam acara pembelajaran, salah satunya yakni media LKPD yang sanggup menciptakan akseptor didik menjadi aktif dalam bekerja sama dan lebih memacu kreatifitas akseptor didik dalam memecahkan duduk kasus yang terdapat di dalam Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) tersebut.
Pada artikel aku sebelumya aku telah membagikan postingan mengenai manfaat yang sanggup di peroleh bagi guru dan bagi akseptor didik dalam memakai LKPD dalam acara pembelajaran di dalam kelas. Pada artikel aku kali ini aku akan kembali membahas mengenai langkah-langkah yang harus di terapkan dalam pembuatan atau penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ).
Mengapa LKPD itu penting ????
Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) sangat penting lantaran dengan pembelajaran memakai Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) maka pembelajaran sanggup menjadi lebih efisien. Selain itu pembelajaran menjadi lebih terpusat kepada siswa sehingga guru dalam hal ini hanya sebagai fasilitator dan motivator dalam menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi akseptor didik.
Dalam menciptakan LKPD seorang guru harus mengetahui langkah-langkah yang sempurna sehingga LKPD benar-benar berfungsi dengan baik bagi akseptor didik.
Berikut ini langkah – langkah yang sanggup di terapkan dalam pembuatan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik )
1. Pertama-tama anda harus terlebih dahulu menyiapkan judul yang akan di tulis pada LKPD tersebut, judul yang di ambil harus sesuai dengan materi pokok yang akan di ajarkan pada pembelajaran nantinya.
2. Menuliskan kompetensi dasar yang akan di capai pada pembelajaran tersebut pada LKPD ( memuat kompetensi dasar pengetahuan dan kompetensi dasar keterampilan )
3. Menuliskan indikator pencampaian kompetensi ( IPK ), dimana indikator yang di tulis akan lebih baik jikalau memuat 2 indikator pencapaian kompetensi pada masing-masing KD ( kompetensi dasar )
4. Menuliskan tujuan pembelajaran yang harus di capai oleh akseptor didik dalam pembelajaran dengan media LKPD.
Untuk tujuan pembelajaran harus memuat aspek ABCD ( audience, behavior, condition dan degree ).
Jika anda masih belum memahami ihwal cara menciptakan dan memilih tujuan pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan kurikulum 2013 maka silahkan anda kunjungi blog , lantaran di dalam blog tersebut aku telah banyak membahas mengenai cara memilih tujuan pembelajaran yang memuat unsur ABCD beserta contoh-contoh penerapannya dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP).
5. Menuliskan waktu penyelesaian LKPD.
Tujuannya yakni semoga LKPD yang di kerjakan sanggup sesuai dengan waktu yang telah di tentukan sehingga akseptor didik sanggup benar-benar memaksimalkan waktu yang telah di tetapkan.
6. Menentukan Teknik evaluasi yang akan di gunakan dalam proses pengerjaan lembar kerja akseptor didik (LKPD).
7. Menuliskan petunjuk penggunaan LKPD.
Tujuannya semoga akseptor didik sanggup memhami cara memakai dan mengerjakan acara yang ada di dalam lember kerja akseptor didik tersebut.
8. Menentukan alat dan materi yang akan di gunakan dalam penyelesaian LKPD.
Tujuannya yakni membantu akseptor didik dalam mempersiapkan alat dan materi sehingga semua peralatan yang di butuhkan dalam pengerjaan LKPD nantinya sanggup terlengkapi dengan baik sehingga proses pengerjaan LKPD sanggup lebih efektif.
9. Menuliskan langkah-langkah acara yang akan di kerjakan pada LKPD.
Biasanya di dalam LKPD akan memuat atau berisikan beberapa acara yang harus di selesaikan oleh akseptor didik sesuai dengan materi yang di pelajari pada dikala itu dan di selesaikan sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan.
Langkah – langkah acara yang harus di susun di dalam LKPD yang akan di buat harus jelas, lantaran acara di dalam LKPD tersebut merupakan kunci atau acara inti dalam pembelajaran memakai media LKPD.
Di dalam langkah-langkah acara LKPD siswa harus di bimbing semoga pembelajaran benar-benar berlangsung dengan baik dan di harapkan akseptor didik sanggup memecahkan duduk kasus dengan kerja keras dan saling bekerja sama dengan baik.
10. Mempersiapkan waktu untuk mempersentasikan pengerjaan LKPD bagi tiap-tiap kelompok.
11. Memberikan kesempatan kepada akseptor ddidik untuk menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah berlangsung.
12. Guru memperlihatkan penguatan berupa umpan balik sehingga tujuan pembelajaran sanggup benar-benar tercapai.
Itulah beberapa langkah-langkah yang sanggup di terapkan dalam pembuatan LKPD, apabila anda sanggup menciptakan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan baik maka keberhasilan akseptor didik dalam menggunakannya juga akan lebih baik.
Semoga postingan yang sanggup aku sajikan pada artikel kali ini sanggup menambah wawasan kita Bersama khususnya dalam memajukan Pendidikan yang lebih berkualitas.
Apabila anda masih membutuhkan isu lainnya yang lebih menarik seputar dunia Pendidikan, maka silahkan anda kunjungi blog , lantaran di dlam blog tersebut aku selalu berusaha untuk sanggup menuliskan artikel – artikel yang kiranya sanggup bermanfaat bagi kemajuan Pendidikan.
Belum ada Komentar untuk "✔ 12 Langkah – Langkah Pembuatan Lkpd Pada Pembelajaran K13"
Posting Komentar