✔ 49 Duduk Kasus Dan Solusi Dapodik Versi 2020
49 TANYA JAWAB DAPODIK VERSI 2020
Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog yang beralamat di https://.blogspot.com
Postingan kali ini akan membahas mengenai pekerjaan yang ada hubungannya dengan operator dapodik sekolah. Bagi anda yang merasa mempunyai kiprah sebagai seorang operator dapodik sekolah dan sedang gundah lantaran benyaknya permasalahan yang sedang anda alami khususnya dalam mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi terbaru yang dikala ini di gunakan maka melalui postingan ini anda sanggup mempunyai solusi dari problem yang anda alami tersebut.
Seperti yang kita ketahui dikala ini bahwa pada tahun pelajaran 2020/2020 aplikasi dapodik yang di gunakan oleh sekolah baik jenjang SD,SMP,SMA maupun Sekolah Menengah kejuruan yaitu memakai aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Dengan rilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka tentunya aka nada saja tantangan atau kesulitan yang akan di hadapi oleh setiap operator dapodik sekolah dalam menjalankan dan melaksanakan pengisian di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang dikala ini di gunakan dan melalui Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 ini terdapat beberapa perubahan serta pembaharuan yang terjadi dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.
Meskipun demikian apabila kita telah terbiasa melaksanakan penginputan pada aplikasi dapodik maka tentunya kita tidak akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi dapodik versi 2020 tersebut.
Bagi anda yang telah menginstal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 namun belum mempunyai alur atau penduan dalam mengerjakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020, maka pada kesempatan ini saya menganjurkan kepada anda untuk sanggup membaca secara baik panduan dari penggunaan aplikasi dapodik versi 2020 sehingga ketika anda menghadai permasalahan seputar dapodik versi 2020 maka setidaknya anda sanggup menemukan jawabannya pada buku panduan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut.
Bagi anda yang belum mempunyai buku panduan dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka melalui postingan ini anda pun sanggup mempunyai buku panduan dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 secara gratis, dan untuk sanggup mendapatkannya maka silahkan anda klik judul pada potongan di bawah ini :
==> DOWNLOAD BUKU PANDUAN PENGERJAAN APLIKASIDAPODIKDASMEN VERSI 2020
==> DOWNLOAD BUKU PANDUAN PENGERJAAN APLIKASIDAPODIKDASMEN VERSI 2020
Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 terdapat beberapa pembaharuan yang perlu anda ketahui biar ketika anda membuaka Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka anda sanggup memahami apa-apa saja yang menjadi pembeda antara aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan aplkasi dapodik versi 2020 dikala ini.
Baiklah berikut ini saya tampilkan jenis – jenis pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 :
1. [Pembaruan] Perubahan metode perhitungan pada kondisi Ruang dan Bangunan
2. [Pembaruan] Perubahan alur administrasi jalan masuk pengguna
3. [Pembaruan] Perubahan metode sekuriti pada password
4. [Pembaruan] Perubahan alur penginputan sanitasi
5. [Pembaruan] Pemutahiran validasi pada dikala sebelum sinkronisasi
6. [Pembaruan] Penambahan atribut jarak ke sumber listrik terdekat bila sumber listrik menentukan Tidak Ada pada tabulasi Data Periodik Sekolah
7. [Pembaruan] Penambahan atribut No KK pada akseptor didik
8. [Pembaruan] Penambahan atribut No KK dan NUKS pada GTK
9. [Pembaruan] Penambahan atribut lingkar kepala pada data periodik akseptor didik
10. [Pembaruan] Pemecahan formulir sarpras menjadi 3 bagian`
11. [Pembaruan] Penambahan sub sajian Tanah dan Bangunan
12. [Pembaruan] Penambahan sub sajian Ruang
13. [Pembaruan] Penambahan sub sajian Alat, Angkutan dan Buku
14. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah
15. [Pembaruan] Penambahan tampilan baris berwarna jingga bila pada Menu Alat sarana tidak sesuai dengan Standar Sarpras yang berlaku
16. [Pembaruan] Penambahan pengisian NJOP setiap Tahun Ajaran gres pada Menu Tanah
17. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilan grouping menurut jenis prasarana pada Menu Ruang dan Alat
18. [Pembaruan] Penambahan fitur Tampilkan dan Sembunyikan pada Menu Ruang dan Menu Alat untuk mempermudah pengisian Operator Sekolah
19. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor pada Menu GTK
20. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor dan Kesejahteraan pada Menu Peserta Didik
21. Integrasi hasil output PPDB untuk siswa gres ke dalam database dapodik
22. Kelulusan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13
23. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, forum pengangkat di tabel PTK
24. Penambahan Tabel Kesejahteraan_PD dan migrasi data KIP, KPS, PKH
25. Penambahan rujukan mata pelajaran informatika dan penentuan sekolah yang melaksanakan pelajaran tersebut
26. Penyesuaian Jumlah Jam Mengajar max pada struktur Kurikulum SLB
27. Perubahan bisnis proses penambahan jurusan/ kompetensi keahlian oleh SMK
Dari beberapa pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut maka seringlah timbul pertanyaan-pertanyaan yang berafiliasi dengan adanya pembeharuan tersebut sehingga terkadang banyak operator sekolah yang terkendala dengan proses pengerjaan aplikasi dapodik 2020.
Dalam setiap permasalahan khususnya problem yang sering terjadi dan sering di alami oleh operator dapodik sekolah khususnya yang berafiliasi dengan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tentunya ada solusi dari setiap permasalahan tersebut.
Pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan sekaligus membagikan beberapa jenis pertanyaan dan solusi yang ada hubunggannya dengan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Beberapa pertanyaan dan solusi yang akan di jabarkan pada postingan ini yang berafiliasi dengan pertanyaan seputar Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yaitu mempunyai 49 jenis pertanyaan beserta solusinya baik yang berafiliasi dengan adanya pembaharuan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maupun pertanyaan umum yang sering menjadi permasalahan bagi setiap operator dapodik sekolah yang mengalami hambatan dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Baiklah berikut ini 49 jenis pertanyaan/Permasalahan dan solusinya yang berupa tanya jawab problem dapodik versi 2020 :
[PEMBARUAN] PERUBAHAN METODE PERHITUNGAN PADA KONDISI RUANG DAN BANGUNAN
1.Komponen kerusakan menyerupai apa yang menempel pada bangunan dan ruangan?
Untuk sanggup melihat kerusakan apa saja yang menempel pada bangunan dan ruangan sanggup dicek melalui tombol kondisi ruang. Terdapat perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan memahami cara perhitungan komponen tersebut
2. Bagaimana alur penambahan tanah, bangunan dan ruang ?
Dalam proses pengisian tanah bangunan dan ruang, pertama kali yang harus dimasukan yakni data tanah. Pastikan mengisikan data tanah dengan lengkap beserta nomor akta tanahnya. Setelah data tanah tersimpan, lakukan penambahan banguan apa saja yang berdiri diatas tanah yang dibuatkan. Setelah data banguan dibentuk maka langkah selanjutnya menambahkan ruangan apa saja yang ada dalam bangunan tersebut.
[PEMBARUAN] PERUBAHAN ALUR MANAJEMEN AKSES PENGGUNA
3. Bagaimana cara menambah/ mengubah password PTK
Cara mengubah password pertama kali ketika login aplikasi dapodik versi 2020. Akan diminta perubahan password untuk memastikan aktifasi setiap akun yang terdaftar dengan kiprah pengguna operator sekolah. Adapun manajemen pengguna selanjutnya dapat dilakukan melalui sajian pengaturan pilih administrasi pengguna
[PEMBARUAN] PEMUTAHIRAN VALIDASI PADA SAAT SEBELUM SINKRONISASI
4. Apa pengaruhnya bila di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?
Validasi papaun terkait dengan warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya sanggup dilakukan bila semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik lokal maupun sentra masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.
5. Apa pengaruhnya bila di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?
Validasi dengan warna kuning berarti warning, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan sanggup dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT JARAK KE SUMBER LISTRIK TERDEKAT JIKA SUMBER LISTRIK MEMILIH TIDAK ADA PADA TABULASI DATA PERIODIK SEKOLAH
6. Jika sekolah tidak mempunyai listrik, apa yang harus diisi di kolom sumber listrik?
Data rincian sekolah terkait dengan sumber listrik menjadi kewajiban untuk diisi bila sekolah tidak mempunyai sumber listrik pastikan menentukan “Tidak Ada”. untuk pilihan lainnya bila sumber listrik yang tersedia tidak tercantum dalam pilihan tersebut
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT NO KK PADA PESERTA DIDIK
7. Jika akseptor didik belum mempunyai KK, apa efek nya di dapodik ?
Peserta didik yang belum mempunyai KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka masih berstatus warning.
8. Apakah wajib mengisi KK
Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk melengkapi data isian akseptor didik dengan selengkap-lengkapnya
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT LINGKAR KEPALA PADA DATA PERIODIK PESERTA DIDIK
9. Apa maksud pengisian data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?
sebagai data untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan memetakan permasalah/ informasi stunting
10. Jika siswa belum mengisikan data lingkar kepala, apa dampak nya di dapodik ?
Dapat dilengkapi selanjutnya. Masih belum di lakukan validasi kelengkapan
[PEMBARUAN] PEMECAHAN FORMULIR SARPRAS MENJADI 3 BAGIAN
11. Apa saja pemisahan data di prasarana?
Aplikasi dapodik versi 2020 pembuatan sarpras diharuskan mempunyai induknya menyerupai pada dikala akan menciptakan Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk menciptakan terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatan ruang sekolah diharuskan membuat terlebih dahulu Bangunan. Maka sekolah menciptakan tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, bila sekolah mempunyai sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada aplikasi dapodik harus 2 (record).
12. Apa saja pemisahan data di tabel sarana ?
Untuk tabel sarana tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk dibuatkan pada setiap keberadaan alat pada ruang.
13. Isian record tanah menurut apa ?
Status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah mempunyai sebidang tanah tetapi mempunyai 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik.
14. Ada data dummy tanah dengan nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.
15. Ada data dummy bangunan dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud yakni untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.
16. Bagaimana cara memperbaiki tanah / bangunan dummy tersebut?
Klik 2x pada isian tersebut, data dummy sanggup dirubah dan sanggup menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah ke kolom selanjutnya sanggup memakai tombol tab. Pastikan mengisi dengan data yang sesuai pada berkas yang dimiliki.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU TANAH DAN BANGUNAN
17. Apa saja isian pada sub sajian tanah ?
Berbagai isian pada sub sajian tanah yakni penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud yakni luas tanah tersebut, lahan kosong, lapangan. Setiap jenis tersebut jika ada, disarankan untuk melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun harus dilengkapi. Menu lainnya yakni apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant ? bila iya silakan melaksanakan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant pada sajian aksi.
18. Apa saja isian pada sub sajian bangunan ?
Berbagai isian pada sub sajian bagunan yakni penambahan bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman, tempat bermain. Setiap jenis tersebut bila ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya menyerupai kondisi kerusakan bangunan. Menu lainnya yakni bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melaksanakan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada sajian dihasilkan dari blogrant.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU RUANG
19. Apa saja isian pada sub sajian ruang?
Ruang di aplikasi versi 2020 di bagi menjadi beberapa jenis ruang yaitu ruang kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masing- masing.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU ALAT, ANGKUTAN DAN BUKU
20. Apa yang di maksud dengan buku teks ?
Buku teks yakni buku rujukan yang dijadikan contoh sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.
21. Apa yang di maksud dengan buku non teks?
Buku non teks yakni katalog buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks
22. Apa yang di maksud dengan angkutan ?
Angkutan yakni kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiri dari:
sepeda, motor, mobil, perahu
23. Apa yang di maksud dengan alat ?
Alat yakni segala sarana yang dimiliki oleh sekolah
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABULASI PENDIDIKAN KELUARGA PADA DATA RINCI SEKOLAH
24. Apa yang di maksud dengan Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?
Pendidikan keluarga yakni kelas pemanis yang diselenggarakan oleh sekolah untuk melibatkan keluarga dalam tanggungjawab mendidik anak secara gotong royong dengan sekolah, terdiri dari kelas ide dan kelas parenting
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TAMPILAN BARIS BERWARNA JINGGA JIKA PADA MENU ALAT SARANA TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR SARPRAS YANG BERLAKU
25. Bagaimana cara memperbaiki Penambahan tampilan baris berwarna jingga ?
Isikan jumlah yang sesuai atau abaikan bila memang tidak mempunyai sarana tersebut, hal ini sebagai sarana edukasi ke sekolah antara data dan standar
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR PADA MENU GTK
26. Pengisian KITAS/passport untuk GTK bukan WNI apakah wajib diisi?
Ya, wajib. Untuk mengetahui izin kerja dan tanggal beralku izin kerja WNA di Indonesia
27. Apa dampaknya bila tidak diisi ?
Dapodik sekolah tidak sanggup melaksanakan sinkronisasi lantaran bersifat mandatory, invalid/ mencegah sinkronisasi jika tidak diisi
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR DAN KESEJAHTERAAN PADA MENU PESERTA DIDIK
28. Pengisian KITAS untuk Peserta didik bukan WNI apakah wajib diisi?
Untuk akseptor didik bersifat warning
29. Apa dampaknya bila KITAS tidak diisi ?
Masih sanggup melaksanakan sinkronisasi
INTEGRASI HASIL OUTPUT PPDB UNTUK SISWA BARU KE DALAM DATABASE DAPODIK
30. Apa yang dimaksud dengan integrasi output PPDB ke dapodik ?
sebagai upaya percepatan dan meningkatkan secara optimal output/ hasil PPDB yang ada di kawasan sanggup di masukkan ke dalam database dapodik sentra secara otomatis.
31. Apa keuntungannya integrasi PPDB ke dapodik?
Mempercepat proses penginputan data khusus nya data siswa baru, meningkatkan mutu data keberlanjutan siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya, dan meningkatkan efektivitas pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara proses PPDB dan Dapodik
32. Bagimana caranya integrasi PPDB ke dalam dapodik ?
Difasilitasi oleh dinas pendidikan setempat,
33. Apa dampaknya hasil integrasi PPDB ke dapodik ?
Data siswa gres dari PPDB akan muncul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu - persatu lagi siswa gres dari sekolah asalnya.
KELULUSAN BERSAMA SISWA TINGKAT AHIR, 6, 9, 12 DAN 13
34. Apa yang di maksud dengan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?
Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2020. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan
35. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa yang harus dilakukan ?
lapor ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan peniadaan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut. Selanjutnya
36. Bagaimana cara menambah/ menarik siswa gres ke dalam aplikasi dapodik?
dengan menggunakan web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.
37. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, forum pengangkat di tabel PTK, untuk apa?
hal ini untuk menjaga konsistensi keterisian data tersebut. Karena yang mengeluarkan SK
pengangkatan yakni dinas pendidikan setempat.
38. Bagaimana bila ada kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, forum pengangkat di tabel PTK?
Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci hanya sanggup diperbaiki
oleh admin dinas pendidikan
PENAMBAHAN TABEL KESEJAHTERAAN_PD DAN MIGRASI DATA KIP, KPS, PKH
39. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak muncul lagi di tabel akseptor didik,?
Sebab Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan akseptor didik
40. Jika ada data nomor yang baru, apa yang harus dilakukan di aplikasi dapodik ?
Buka tabel kesejahteraan akseptor didik, kemudian inputkan nomor kartu di tabel tersebut.
PENAMBAHAN REFERENSI MATA PELAJARAN INFORMATIKA DAN PENENTUAN SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PELAJARAN TERSEBUT
41. Apa dasar sekolah yang menyelenggarakan mapel Informatika?
Sekolah yang sanggup menyelenggarakan mapel informatika pada rombongan berguru yakni sekolah yang terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 005/P/2020.
42. Bagaimana pembagian jam informatika dengan mapel prakarya untuk SMP?
Jika dalam 1 rombel terdapat guru yang mengampu mata pelajaran Informatika maka mapel prakarya tidak sanggup diampu oleh guru yang lain di rombongan berguru yang sama
43. Di rombel apa informatika diajarkan untuk jenjang SMA?
Untuk mata pelajaran Informatika pada jenjang SMA pengentriannya pada rombongan belajar
Lintas Minat
44. Mapel informatika akan linear dengan PTK sertifikasi apa?
Mata pelajaran Informatika linier dengan guru yang bersertifikasi TIK
45. Pada jenjang SMK, pemilihan jurusan/ kompetensi yang dilayani dalam sajian sekolah terdapat bisnis proses yang berbeda, apa itu?
Pemilihan jurusan/kompetensi yang dilayani oleh sekolah kini dilakukan melalui Manajemen
Dapodikdasmen oleh Admin Dinas Provinsi
46. Jika Sekolah Menengah kejuruan ingin membuka jurusan/ kompetensi baru, yang semester sebelumnya tidak ada, apa yang harus dilakukan ?
penambahan jurusan/kompetensi gres pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dilakukan melalui administrasi dinas oleh Admin Dapodikdasmen provinsi
47. Jika kompetensi/jurusan Sekolah Menengah kejuruan sudah pernah dibuka tahun sebelumnya, apakah perlu ke dinas pendidikan provinsi lagi?
jika Sekolah Menengah kejuruan sudah pernah membuka jurusan sebelumnya maka tidak perlu lapor ke dinas pendidikan
48. Jika ada kompetensi/jurusan dari tahun sebelumnya akan ditutup, apakah perlu lapor kedinas pendidikan ?
Penutupan jurusan/kompetensi dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdasmen oleh sekolah (dengan
cara tidak perlu menentukan jurusan tersebut di pembelajaran rombel)
49. Jika ada pendirian Sekolah Menengah kejuruan baru, bagaimana cara pengisian jurusan/kompetensi keahlian terkait bisnis proses yang gres ini?
Untuk pemilihan jurusan/kompetensi bagi sekolah Sekolah Menengah kejuruan yang gres berdiri dilakukan melalui Admin
Dinas pada Manajemen dapdoikdasmen. Dengan kata lain, sekolah Sekolah Menengah kejuruan gres harus menambahkan jurusan/kompetensi, PTK gres dan siswa di dinas pendidikan sebelum melaksanakan registrasi/prefill di apliaksi dapodik sekolah.
Demikianlah beberapa jenis pertanyaan dan solusi seputar aplikasi dapodikdasmen versi 2020, semoga dengan di bagikannya postingan ini sanggup membantu para operator dapodik sekolah yang sedang mengahadapi hambatan dalam melaksanakan pengerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Semoga bagi anda yang mengalami problem yang ada hubungannya dengan tanya jawab yang telah saya berikan pada postingan kali ini sanggup membantu anda mendapat jalan keluarnya sehingga pekerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 sanggup berjalan dengan baik , sehingga sekolah anda sanggup mengahsilkan proses pengisian data yang akurat dan benar pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya yang ada hubunggannya dengan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maka silahkan anda kunjungi blog .blogspot.com, lantaran melalui blog tersebut saya selalu berusaha untuk sanggup menyebarkan seputar informasi dapodik versi terbaru.
Belum ada Komentar untuk "✔ 49 Duduk Kasus Dan Solusi Dapodik Versi 2020"
Posting Komentar